Desa Sukosari terletak di Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto yang merupakan daerah yang unik karena memiliki sejarah yang cukup unik. Selain itu masih banyak potensi-potensi dusun yang belum terangkat yang bisa dikembangkan.

Dalam bahasa Jawa, suko berarti senang atau gembira, dan sari berarti rukun. Jadi, harapannya dulu, desa baru tersebut kelak akan menyebabkan warganya senantiasa gembira dan rukun tenteram. Jadi, harapannya dulu, desa baru yang mereka usahakan tersebut kelak akan menyebabkan warganya senantiasa gembira dan rukun tenteram.

Letak geografis Desa Sukosari yaitu Sebelah Utara dibatasi oleh Desa Jatijejer , Sebelah Selatan dengan Desa Trawas, Sebelah Barat dengan Desa Nogosari, dan Sebelah Timur dengan Desa Penanggungan.

Desa Sukosari Kecamatan Trawas berada di daerah pegunungan. Penggunaan lahan di Desa Sukosari Kecamatan Trawas sebagian besar merupakan lahan pertanian. Lahan pertanian di Desa Sukosari Kecamatan Trawas di bentuk terasering.

Desa ini berada di daerah iklim tropis pegunungan sehingga flora seperti ketela pohon, ketela rambat, pete , alpukat, durian, pisang, dll sedangkan fauna yang ditemukan di yaitu sapi, ayam, kambing, dll.

Adapun potensi yang dimiliki oleh Desa Sukosari antara lain potensi pertanian dan perkebunan. Dari pertanian seperti padi, jagung, ketela rambat, ketela pohon serta dari perkebunan yaitu pisang, alpukat dan durian. Potensi Sumber Mata Air yang jumlahnya sangat melimpah, serta wisata rekreasi keluarga yaitu, Royal Caravan.

Landmark yang ada di Desa Sukosari yaitu Royal Caravan, Masjid, Puskesdes, Kantor Kepala Desa, Makam, Sumber Air, Sekolah Dasar.

Berkaitan hal tersebut, rekomendasi yang dapat diberikan yaitu perlu adanya TPS yang disediakan di desa Sukosari agar masyarakat desa terbiasa membuang sampah di tempatnya dan tidak mebuang sampah di ladang agar tidak mengganggu lingkungan, memperbaiki infrastruktur jalan di gang-gang kecil agar senyaman di jalan utama serta memperbaiki fasilitas umum agar pemanfaatannya lebih optimal.