Inisiasi MoU antara UiTM dan ITS

Surabaya, 28 Oktober 2018

Pada tanggal 17-19 Oktober 2018, tim dari Departemen T. Geomatika – FTSLK yang diwakili dari Lab. Kadaster dan Kebijakan Pertanahan (KKP) dan Prodi Pasca T.Geomatika mengunjungi UiTM – Malaysia untuk menindaklanjuti draft MoU antara UiTM dan ITS. Kunjungan ini bermaksud untuk membahas lebih detail MoA yg merupakan bagian dari MoU berupa kegiatan yang bisa segera dilakukan antara kedua belah pihak. Pada kesempatan ini tim dari T.Geomatika FTSLK yang dikoordinator oleh Agung B. Cahyono, DEA (Kalab KKP) disambut hangat oleh para pensyarah (dosen) dari FPSU – UiTM SyahAlam yang dipimpin oleh Dr. Eran Sadek. Setelah pertemuan dengan departemen PPSUG serta jamuan pagi, atas permintaan PPSUG selanjutnya diadakan kuliah umum oleh Dr. Ira Mutiara terkait Fenomena Geodinamika Di Indonesia (Lombok & Palu Earthquake).

Selanjutnya tim dari T. Geomatika disertai dengan beberapa dosen dari PPSUG UiTM menuju FPSU UiTM PuncakAlam yang merupakan pengembangan kampus ke II UiTM Selangor. Disini tim ITS diterima Dekan FSUP UiTM, Prof. Dr Masran Saruwono dan staf dekanat. Selanjutnya dilakukan diskusi detail tentang MoU antara ITS dan UiTM. Beberapa program telah dengan baik didiskusikan seperti pertukaran mahasiswa dalam program SurveyCamp, Hidrography Camp, Guest Lecturer serta studi lanjut untuk masing-masing program master degree.

Pada kesempatan hari berikutnya tim dari departemen T. Geomatika ITS disertai dari PPSUG UiTM mengunjungi Jabatan Ukur dan Pemetaan Malaysia (JUPEM) yang diterima langsung oleh Pengarah Ukur Bahagian (Kadaster) Juruukur Jusa C, SR. HJ. Ramli Bin Nor. Dalam kesempatan ini diadakan diskusi setelah tim dari JUPEM mempresentasikan beberapa riset dan kegiatan mereka kaitannya dengan eKadaster, SmartKadaster & 3D Kadaster di Malaysia. Diskusi semakin menarik karena dihadiri pula oleh Dr Teng Chee Hua, seorang pakar kadastral Malaysia dan mantan direktur Kadastral JUPEM periode sebelumnya.

Selanjutnya pada hari itu juga tim dari departemen T. Geomatika ITS disertai dari PPSUG UiTM mengunjungi MaCGDI Malaysia yang berlokasi di Putra Jaya dan diterima langsung oleh Abrizah binti Abdul Aziz selaku Pengarah. Pada sesi ini juga diskusi setelah tim dari MaCGDI mempresentasikan beberapa riset dan kegiatan mereka yaitu pengenalan MaCGDI dengan program MyGDI, paparan MyGDI Explorer & MyGeoMap dan terakhir adalah penerapan MyGOS.