pengolahan data GPS untuk studi geodinamika menggunakan software GAMIT

 

Gelar Kuliah tamu dan Workshop GAMIT/GLOBK, Teknik Geomatika Bekali Mahasiswa Skill untuk Studi Geodinamika

Bumi dengan segala dinamikanya amatlah menarik untuk ditelaah. Sifat dinamis Bumi akibat bergesernya lempeng tektonik dunia tak jarang pula membawa musibah. Berbagai macam bencana layaknya gempa, longsor, hingga tsunami adalah contohnya. Apalagi di Indonesia, yang nyatanya terletak di tumbukan tiga lempeng benua. Oleh karena itu, perlu adanya suatu usaha mitigasi bencana. Salah satunya, yaitu studi geodinamika.

  Dalam rangka memperkaya softskill para mahasiswanya, Teknik Geomatika ITS adakan kegiatanbertajuk “Workshop Pengolahan Data GPS untuk Studi Geodinamika Menggunakan Software Gamit”. Acara yang berlangsung selama dua hari (27-28 Maret 2018) tersebut  mengundang Dr. Susilo dari Badan Informasi Geospasial (BIG) sebagai pembicara. Bertempat di Laboratorium Komputer Departemen Teknik Geomatika, para mahasiswa diajarkan cara mengolah data survei Global Positioning System (GPS) menggunakan software GAMIT/GLOBK (Global Kalman filter VLBI and GPS Analysis Program).

GAMIT / GLOBK merupakan software bundel analisis GPS yang komprehensif, dikembangkan oleh Massachussets Institute of Technology (MIT), Harvard-Smithsonian Centre for Astrophysics (CfA), Scripps Institution of Oceanography (SIO), dan Australian National University. Dengan GAMIT/GLOBK, kita bisa memperkirakan koordinat dan kecepatan stasiun, representasi stochastic atau fungsional pasca deformasi seismik, penundaan atmosfer, orbit satelit, dan parameter orientasi Bumi

Pada hari pertama, peserta dikenalkan dengan serba-serbi pengukuran GPS, pemodelan pengamatan, dan kesalahan yang mungkin terjadi pada pengukuran GPS. Kemudian, peserta juga dibimbing bagaimana cara penyusunan folder untuk pengolahan data dan data apa saja yang diperlukan selain data pengukuran GPS. Setelah semua data tersedia, masuk ke tahap pengolahan berdasarkan instruksi pembicara. Untuk hari kedua, dilanjutkan dengan olah data GAMIT hingga selesai lalu ditampilkan dengan menggunakan GLOBK. Rangkaian acara tersebut ditutup dengan kuliah tamu “Aplikasi Praktis Teknik dan Metode Geodetik untuk Survei Geodinamika di Indonesia” yang diisi oleh Dr. Dina, dosen Departemen Teknik Geodesi dan Geomatika Institut Teknologi Bandung (ITB).

 

Penulis: danu,- – editor : dhrma_wahyudi