“Pengantar dan Motivasi Dalam Keilmuan Teknik Geodesi – Geomatika”.

kuliah tamu.jpg geomatika

Departemen Teknik Geomatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar kuliah tamu dengan tema Status Pembangunan Informasi Geospasial di Indonesia, pada Selasa (22/8/2017).
Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Z Abidin, M.Sc.Eng, Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) yang menjadi pembicara pada kuliah tamu kali ini. Tujuan dari kuliah tamu bersama Hasanudin adalah untuk mengenalkan tentang Geospasial kepada mahasiswa baru (maba) Teknik Geomatika ITS Surabaya.
Geospasial merupakan bidang Geomatika yang memuat informasi dan berbagai jenis data mengenai kenampakan bumi.Proses untuk menghasilkan Geospasial atau pemetaan ini antara lain melalui tahapan pembuatan sistem referensi, titik kontrol, pemotretan udara, toponimi peta, tata ruang dan kemudian didistribusikan melalui jaringan internet.
“Geospasial ini sangat diperlukan dalam proses pemetaan perencanaan pembangunan. Informasi Geospasial membantu agar tidak banyak pemetaan di Indonesia yang tumpang tindih,”

Acara kuliah tamu ini juga termasuk dalam serangkaian Orientasi Keilmiahan dan Keprofesian Berbasis Kompetensi (OK2BK).

Acara ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam. Diikuti oleh sekitar 90 mahasiswa baru angkatan 2017. Sebelum materi dimulai, acara ini dibuka oleh Kepala Departemen Teknik Geomatika dengan menyematkan kartu OK2BK.

Kuliah tamu ini bertujuan untuk memotivasi mahasiswa Teknik Geomatika ITS dalam menghadapi dunia kerja. Acara ini berlangsung, bertempat di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Perpustakaan ITS.
Materi yang disampaikan berkaitan dengan data dan informasi geospasial, aktivitas geospasial, dan prospek lulusan Geodesi Geomatika dalam dunia kerja. Nantinya mahasiswa dapat berkerja pada sektor-sektor bidang, seperti : Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Bappeda, Pertambangan dan sebagainya.

 

Penulis: danu,- – editor : dhrma_wahyudi