Samudera Peksi : Produk USV (Unmanned Surface Vehicle) Karya Penelitian Mahasiswa Geomatika ITS

image geomatika

Acara Peresmian Gedung Research Center Institut Teknologi Sepuluh Nopember diadakan  bertepatan dengan Perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2017 dan diresmikan oleh Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir.

Pada acara peresmian tersebut diadakan juga Pameran yang menampilkan produk-produk unggulan karya civitas akademika ITS. Salah satunya adalah produk dari Teknik Geomatika ITS yang disebut USV (Unmanned Surface Vehicle), nantinya produk yang diberi nama Samudera  Peksi ini akan dikembangkan lagi menjadi A-USV (Autonomous-Unmanned Surface Vehicle).

Teknologi unmanned system berkembang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan sistem wahana tanpa awak ini mengalami modernisasi fungsi dari sekedar hobi kearah survei dan pemetaan dalam rangka mendukung pembangunan nasional dan aspek pertahanan keamanan. Sebagai negara kepulauan, wilayah perairan Indonesia banyak yang belum terpetakan dengan baik. Penelitian ini sangat signifikan untuk mendukung kegiatan pemetaan di wilayah perairan Indonesia.

Penelitian ini akan difokuskan pada perancang-kembangan teknologi USV (Unmanned Surface Vehicle) yang mengarah ke sistem yang mandiri (autonomous). Sistem Autonomous-USV (A-USV), diharapkan dapat menggantikan wahana apung konvensional yang memiliki keterbatasan dalam melakukan maneuver terutama di perairan dangkal dan sempit. Dengan dikembangkannya prototype A-USV ini diharapkan pemetaan wilayah laut yang berbiaya besar dan beresiko tinggi dengan menggunakan wahana apung konvensional dapat ditekan.

Fokus penelitian ini adalah pada desain dan pembuatan wahana apung tanpa awak yang memilikikemampuan adaptasi dengan bahaya-bahaya pelayaran dan sensitif terhadap daerah dangkal dan garis pantai. Struktur rangka untuk A-USV ini akan menggunakan desain kapal katamaran, sedangkan untuk sistem kendalinya akan dilengkapi dengan fitur auto pilot, collision avoidance dan steering control system.

Produk dari Teknik Geomatika ini menjadi salah satu daya tarik bagi Menristekdikti Prof. Mohamad Nasir. Beliau mendengarkan paparan inovasi tersebut dengan seksama.

Sumber : Danar Guruh Pratomo

 

Link terkait : http://m.beritametro.news/jawa-timur/menristekdikti-luncurkan-tujuh-produk-unggulan-di-its

Penulis: Regina – editor: dhrma_wahyudi